Rabu, 06 Juni 2012

Kebajikan dan Kebijakan…?
K
ebajikan dan kebijakan merupakan dua buah kata yang mempunyai makna berbeda. Jika dipahami secara harpiah keduanya sering menimbulkan makna multi interprestasi, sehingga acapkali pemakaiannya menimbulkan salah  dalam persepsi dan keliru pula dalam penempatannya, padahal jika ditelisik lebih jauh kedua kata ini mempunyai makna yang jauh berbeda baik secara leksikal maupun secara structural.

K
ebajikan memiliki kecenderungan pada aspek yang bersifat prilaku yang dilakukan seseorang yang didasari pada nilai-nilai Etika dan moral yang berlaku dalam masyarakat, sedangkan kebijakan adalah output yang dihasilkan oleh buah pikiran manusia yang dilandasi oleh unsur-unsur kebajikan itu sendiri untuk menyikapi dan mengambil sebuah tindakan serta  menemukan jalan keluar suatu persoalan.

S
udahkah kita menjadi orang yang bijak…? sudahkah  kebajikan ,kita terapkan dalam kebijakan kita… sudah bijakkah kita dalam menilai orang lain, sudah objektifkah kita melihat kekurangan yang ada pada orang lain,….janganlah bersikap seperti cendawan dimusim hujan serta jangan pula  seperti kemarau setahun dihapuskan hujan sehari ,…..bijaklah dalam berprilaku, jangan membunuh karakter orang lain untuk kepentingan pribadi yang bersifat sesaat karna apa yang ada adalah  amanah, tak ada yang selamanya bisa kita miliki….semuanya akan berproses seiring putaran waktu dan pada saatnya akan sampai pada sebuah titik kulminasi.

Semoga bermafaat….dan semoga kita senantiasa dirahmati Allah SWT, Amien.

Created by               : Soldan Hady
Staf Pengajar Al Kautsar Lampung
 








                                                                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar