Sabtu, 02 Juni 2012

Muhasabah dan Kona’ah
M
uhasabah dan Kona’ah adalah dua buah kata yang sering kita ucapkan ketika kita mengingatkan seseorang yang telah melakukan sebuah kekeliruan alias kebablasan dan larut dalam sebuah uporia. Jika diartikan secara harfiah Muhasabah identik dengan dengan Introfeksi yang bersifat lahiriah dan batiniah sementara itu Kona’ah dapat pula diartikan menerima apa yang terjadi dengan sikap tawadu’ pada illahi dan berpasrah diri dengan mendekatkan diri pada sang khalik.
Fenomena actual yang terjadi akhir-akhir ini terjadi dalam dunia pendidikan selalu berulang dari tahun ketahun seakan selalu menemui jalan buntu, seolah olah selalu membentur dinding terjal tak pernah ada solusi seakan-akan tidak ada upaya untuk mencari jalan alternative dan bahkan terjadi pembiaran . Bagaimana tidak anak-anak kita selalu larut dalam uporia kelulusan mereka, sebuah celebrasi yang tentunya keliru karna disadari atau tidak, disengaja atau pun tidak dalam hal ini telah terjadi pelanggaran terhadap hakikat dan etika sebagai insan yang terpelajar .
Seharusnya sebuah nilai yang harus ditanamkan kepada anak-anak kita bahnwa esensi sebuah kelulusan bukan hanya sebuah keberhasilan tetapi lebih dari itu dan mempunyai makna yang lebih mendasar karna didalamnya tersimpan sebuah tantangan dan ujian yang harus disikapi secara wajar dan normal pula. Semoga kedepan kita tidak berlebihan dalam menyikapi hal ini,
Terima kasih semoga kita senantiasa di Rahmati Allah SWT, Amien

                                                            Created by : Sholdan Hady
                                                            Staf Pengajar Yayasan Alkautsar Lampung
                                                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar