Minggu, 29 September 2019

Inikah tipe kepribadian mu ?


Inikah tipe kepribadian mu ?

Kepribadian atau corak sikap manusia itu berbeda – beda. DI antara 2 pilihan, biasanya ia akan cenderung pada satu hal. Sikap kecenderungan ini yang akan membentuk perilaku dan sifat manusia. Dari sinilah seseorang bisa di prediksi sifatnya dan perilakunya di masa datang. Lantas apa saja kecenderungan itu ? Manakah yang masuk seperti diri anda ?
1.     Introvert dan Ekstrovert
Untuk melihat apakah ia seseorang yang ekstrovert atau introvert, anda bisa melihat perilaku dan kesukaannya. Jika ia adalah seseorang yang sangat berorientasi dengan dunia luar, maka ia memiliki kepribadian ektrovert. Sedangkan jika ia memiliki orientasi dengan dunia dalam atau pribadi, maka ia masuk dalam kepribadian introvert. Lantas maksud dari dunia luar dan dalam itu bagaimana ?
Seseorang yang ekstrovert, ia cendrung untuk suka sekali untuk melakukan interaksi dengan orang lain. Berkumpul, bercerita masing – masing dengan beberapa kawan, suka membentuk dan membangun relasi sosial, aktiv melakukan banyak hal, memiliki komunitas, dan semua hal yang sifatnya action oriented. Orang – orang ini sangat nyaman jika berada di dunia bebas
Tak hanya itu saja, mereka dengan kecendrungan berkepribadian ekstrovert akan merasa tidak nyaman jika mereka harus di hadapkan pada kesendirian di tengah keramaian. Insting mereka untuk selalu berinteraksi dengan orang di sekitar membuat mereka selalu ingin mencari rekan yang dapat di ajak berinteraksi.
Mereka yang berkepribadian ekstrovert memang tak selalu harus terbuka kepada siapa saja, namun terkadang ada pula momen di mana seorang ekstrovert merasa nyaman dengan satu orang yang di jadikan teman untuk berdiskusi di bandingkan dengan orang banyak.
Berbeda dengan orang introvert. Mereka sangat suka mengeksplore dirinya sendiri. Tipe kepribadian ini suka menyendiri. Bukan karena tidak punya teman. Namun menurutnya, sendiri memberikan ketenangan dan kesenangan tersendiri. Suka membaca, menulis, dan tidak begitu suka bergaul. Biasanya orang – orang ini sangat detail dan memiliki konsentrasi tinggi.
2. Thinking dan Feeling
Kemudian, Jung juga mengelompokkan tipe kepribadian seseorang menganut bagaimana pola pikirnya. Berdasarkan teori yang cukup rumit, ada kecenderungan thinking dan feeling. Dua kecenderungan ini adalah mengenai bagaimana seseorang mengambil keputusan ketika berada dalam suatu pilihan. Seperti apakah mereka ?
Seseorang yang memiliki tipe thinking, ia adalah pemikir keras. Setiap masalah yang datang, lantas memiliki pilihan yang rumit, ia akan benar – benar memikirkan. Pilihan mana yang secara logika dan analisa menguntungkan. Biasanya mereka membutuhkan waktu yang lebih lama. Sebab perhitungannya benar – benar matang. Bahkan jarang meleset.
Sedangkan seseorang yang menggunakan tipe feeling berbeda. Saat berada dalam suatu masalah, lantas ada pilihan-pilihan yang bisa di ambil. Biasanya mereka melibatkan perasaan dan empati. Ia melakukan prasangka mana yang lebih tepat menggunakan intuisinya. Waktu yang di gunakan untuk memilih lebih cepat. Meskipun hasil keputusannya tidak salah sasaran.
Dengan mengerti kepribadian di atas, harapannya kita semakin mengenal diri kita sendiri. Ingat, salah satu faktor penentu kesuksesan dalam hidup adalah saat kita mengetahui diri kita sendiri. 
By: Mr Odans
from : Izzatur Rosyida

Tidak ada komentar:

Posting Komentar